11 Jan 2016

Pelajari Peraturan Hak Cipta di youtube

Hormati hak Cipta orang lain. Semua orang tentunya sangat ingin dihargai dengan sesuatu hasil yang telah dibuatnya.  youtube merupakan sal... thumbnail 1 summary
Hormati hak Cipta orang lain. Semua orang tentunya sangat ingin dihargai dengan sesuatu hasil yang telah dibuatnya.  youtube merupakan salah satu media online dangan konten video terbesar yang bisa dikatangan hampir 1/3 pengguna dunia maya menggunakan layanan dari youtube untuk sekedar menonton video-video yang berdurasi pendek maupun video yang memiliki durasi panjang.

Video-video yang berada diyoutube merupakan hasil upload dari para pengunjung setia youtube untuk berbagi video unik, menarik bahkan informasi yang berharga bari para peselancar dunia maya. Dalam hal upload ini pihak youtube sangat mengingikan para pengupload youtuber menghargai hakcipta sehingga muncullah peraturan tentang hak cipta di youtube.
dukungan dan peraturan hak cipta dari youtube dapat anda lihat lengkap disini ;
Peraturan hakcipta Youtube

buat sobat yang ingin terus membaca disini, saya coba kutip dari sumbernya langsung karena saya juga tidak ingin melanggar hak cipta sumber awal saya hingga tulisan ini muncul.
Artikel ini saya ambil sesuai dengan aslinya dari youtube Tentang Hak Cipta di youtube.

Apa itu Hak Cipta?

Di banyak wilayah hukum, ketika seseorang membuat karya asli yang ditetapkan dalam media fisik, ia otomatis memiliki hak cipta atas karya tersebut. Pemilik memiliki hak eksklusif untuk menggunakan karya tersebut dengan cara tertentu.

Jenis karya apa saja yang tunduk pada hak cipta ?
  • Karya audio visual, seperti acara TV, film, dan video online
  • Rekaman suara dan komposisi musik
  • Karya tulis, seperti kuliah, artikel, buku, dan komposisi musik
  • Karya visual, seperti lukisan, poster, dan iklan
    Video game dan perangkat lunak komputer
  • Karya drama, seperti sandiwara dan drama musikal
Ide, fakta, dan proses tidak tunduk pada hak cipta. Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan hak cipta, suatu karya harus kreatif dan ditetapkan dalam media yang jelas. Nama dan judul tidak tunduk pada hak cipta.

Dapatkah saya menggunakan karya yang dilindungi hak cipta tanpa melanggar ?

Dalam beberapa kondisi, karya yang dilindungi hak cipta dapat digunakan tanpa melanggar hak cipta pemiliknya. Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat mempelajari penggunaan wajar.

Video Anda tetap dapat diklaim oleh pemilik hak cipta, meskipun Anda telah...
  • Memberikan pengakuan kepada pemilik hak cipta
  • Tidak memonetisasi video yang melanggar
  • Mengetahui video serupa yang muncul di You
  • Membeli konten di iTunes, CD, atau DVD
  • Merekam sendiri konten dari TV, bioskop, atau radio
  • Manyatakan bahwa "tidak bermaksud melanggar hak cipta"
Beberapa pembuat konten memilih untuk menyediakan karya mereka agar dapat digunakan kembali dengan persyaratan tertentu. Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat mempelajari lisensi Creative Commons.

Pelajari lebih lanjut tentang cara mendapatkan izin untuk menggunakan konten orang lain dalam video Anda.

Dapatkah YouTube menentukan kepemilikan hak cipta ?

Tidak. YouTube tidak dapat memediasi sengketa kepemilikan hak. Bila menerima pemberitahuan penghapusan lengkap, kami akan membuang konten sesuai kewajiban hukum. Bila menerima pemberitahuan tanggapan yang valid, kami akan meneruskannya kepada orang yang meminta penghapusan konten tersebut. Setelah itu, kami akan menyerahkan masalah tersebut kepada pihak-pihak yang terlibat untuk menyelesaikannya di pengadilan.

Apakah hak cipta sama dengan merek dagang ?

Hak cipta hanyalah salah satu bentuk kekayaan intelektual. Hak cipta tidak sama dengan merek dagang, yang melindungi nama merek, moto, logo, dan pengidentifikasi sumber lain dari penggunaan oleh orang lain untuk tujuan tertentu. Hak cipta juga berbeda dari hukum paten, yang melindungi berbagai penemuan.

YouTube menawarkan proses penghapusan secara terpisah untuk video yang melanggar merek dagang atau hukum lainnya.

Apa perbedaan antara hak cipta dan privasi ?

Hanya karena Anda muncul dalam video, gambar, atau rekaman audio, bukan berarti Anda memiliki hak cipta untuk itu. Misalnya, jika teman Anda merekam perbincangan antara Anda dan dirinya, dia akan memiliki hak cipta atas rekaman video tersebut. Perkataan yang Anda berdua bicarakan tidak tunduk pada hak cipta secara terpisah dari video itu sendiri, kecuali jika telah ditetapkan sebelumnya.

Jika teman Anda, atau orang lain, mengupload video, gambar, rekaman yang menampilkan diri Anda tanpa izin, dan Anda merasa konten tersebut melanggar privasi atau keamanan, Anda dapat mengajukan keluhan privasi.

No comments

Post a Comment